Langsung ke konten utama

Kiat cara belajar efektif untuk pelajar maupun pengajar

Halo kawan cerdas ! Apakah kamu tertarik untuk menemukan cara untuk mempelajari hal-hal baru dengan lebih cepat?
Apakah kamu ingin menemukan cara belajar yang efektif dan efisien?

cara belajar efektif


Jika kamu seperti banyak siswa, waktu kamu terbatas sehingga penting untuk mendapatkan nilai pendidikan bagus dari sedikit waktu yang kamu miliki.

Namun, kecepatan belajar bukanlah satu-satunya faktor yang penting. Retensi, penarikan, dan transfer juga penting.

Lagi pula, apa gunanya mempelajari informasi baru jika kamu tidak dapat mengingatnya atau menggunakannya secara efektif nanti ketika kamu membutuhkannya?
Siswa harus dapat secara akurat mengingat informasi yang mereka pelajari, mengingatnya di lain waktu, dan memanfaatkannya secara efektif dalam berbagai macam situasi.

Jadi apa yang dapat kamu lakukan untuk menjadi pelajar yang smart? Menjadi siswa yang efektif dan efisien tentu bukanlah sesuatu yang terjadi dalam semalam, betul bukan?

Beberapa tips ini ke dalam latihan sehari-hari dapat membantu kamu mendapatkan lebih banyak dari waktu belajar kamu:

memori otak


Peningkatan Dasar Memori Otak.

Ada beberapa hal yang berbeda yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan memori otak kamu.
Tips dasar seperti meningkatkan fokus kamu, menghindari sesi menjejalkan, dan penataan waktu belajar kamu adalah tempat yang baik untuk memulai.

Tetapi ada lebih banyak lagi pelajaran dari psikologi yang secara dramatis dapat meningkatkan efisiensi belajar kamu. Memeriksa beberapa tips perbaikan memori ini untuk memaksimalkan menghafal dan penyimpanan informasi baru.

Jaga Belajar (dan Berlatih) Hal Baru.

cara untuk menjadi pelajar yang lebih efektif adalah dengan hanya terus belajar dan mempelajari hal-hal baru.

Ya,.! Dalam satu penelitian, dilaporkan bahwa orang yang selalu belajar akan meningkatkan jumlah materi abu-abu di lobus oksipital mereka (daerah otak yang berhubungan dengan memori visual).

Namun ketika kita berhenti berlatih keterampilan otak mereka, materi abu-abu ini lenyap dan akan mudah pikun.

Pelajari dengan berbagai Cara.


Coba pelajari di lebih dari satu cara. Bukan hanya mendengarkan podcast, yang melibatkan belajar auditori, menemukan cara untuk berlatih informasi baik secara lisan dan visual.

Ini mungkin melibatkan menjelaskan apa yang kamu pelajari ke teman, membuat catatan, atau menggambar peta pikiran. Dengan belajar di lebih dari satu cara, Otak manusia akan menyimpan kuat pengetahuan dalam pikiran kamu.

Menurut peneliti, “Semakin banyak daerah otak yang menyimpan data tentang subjek, semakin interkoneksi ada. Redundansi ini berarti siswa akan memiliki lebih banyak kesempatan untuk menarik semua human bit terkait data dari daerah mereka beberapa penyimpanan dalam menanggapi isyarat tunggal. Ini referensi silang data berarti kita telah belajar, bukan hanya hafal.”

Ajarkan Apa yang telah kamu belajar untuk Orang Lain.

Pendidik telah lama mencatat bahwa salah satu cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan mengajarkannya kepada orang lain.

Dengan mengajarkan ilmu yang didapat ke orang lain secara tidak langsung mempertebal kekuatan memori otak kita akan ilmu tersebut. Proses imbal balik pertukaran ilmu pun kadang biasa terjadi.

jadi tak perlu khawatir untuk membagikan ilmu yang kita dapat kepada orang lain kawan.

Berikut ini beberapa ide cara berbagi pengetahuan seperti menulis posting di blog, broadcast sosial media, atau berpartisipasi dalam diskusi group atau suatu forum.


Berhenti Multitasking.


Selama bertahun-tahun, ia berpikir bahwa orang-orang yang multitask atau melakukan lebih dari satu kegiatan sekaligus memiliki keunggulan atas mereka yang tidak.

Namun, penelitian sekarang menunjukkan bahwa multitasking benar-benar tidak dapat membuat belajar lebih efektif.

Dalam studi tersebut, peserta kehilangan sejumlah besar waktu karena mereka beralih antara beberapa tugas dan kehilangan lebih banyak waktu sebagai tugas menjadi semakin kompleks.

Dengan beralih dari satu aktivitas ke aktivitas lainnya, kamu akan belajar lebih lambat, menjadi kurang efisien dan membuat lebih banyak kesalahan.

Bagaimana kamu bisa menghindari bahaya multitasking? Mulai dengan memfokuskan perhatian kamu pada tugas di tangan dan terus bekerja untuk jumlah waktu yang telah ditentukan saja.


Menjadi seorang pelajar yang lebih efektif dapat mengambil waktu, dan selalu membutuhkan latihan dan tekad untuk membangun kebiasaan baru.
Mulailah dengan berfokus pada hanya beberapa tips ini untuk melihat apakah kamu bisa mendapatkan lebih banyak dari sesi belajar berikutnya.

Postingan populer dari blog ini

Buku unik Aku Ingin Tahu Mengapa Grolier Ensiklopedia anak

Aku Ingin Tahu Mengapa  adalah pelajaran awal yang luar biasa bagi anak-anak sebelum mereka menjelajahi dunia sekitarnya. Seri buku Aku Ingin Tahu Mengapa ini sarat dengan informasi yang mampu menjawab semua pertanyaan-pertanyaan pelik yang sering diajukan anak dengan ulasan dan fakta yang menarik. Dikemas apik untuk merangsang imajinasi dan minat baca anak, sehingga memantapkan keterampilan baca dan pemahaman verbal mereka. * 24 jilid * 768 halaman * Lebih dari 2.000 ilustrasi * 871 format tanya-jawab Seri Paket buku Aku Ingin Tahu Mengapa : 1. Air Laut Terasa Asin 2. Ada Lubang Pada Seruling 3. Angin Bertiup 4. Bintang Berkedip 5. Burung Dodo Punah 6. Elang Bangkai Berkepala Gundul 7. Orang Mesir Membangun Piramida 8. Matahari Terbit 9. Laba-Laba Menjalin Benang 10. Gurun Sahara Berhawa Dingin Di Waktu Malam 11. Dahulu Ikan Berkaki 12. Kanguru Memiliki Kantung 13. Ular Dapat Berganti Kulit 14. Perutku Keroncongan 15. Pesawat Terbang Memiliki Sayap 16.

Siapa Grolier Widyadara ?

  LATAR BELAKANG DAN RUANG LINGKUP BISNIS Grolier International Inc. adalah pusat pendidikan terbesar di Amerika. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1829, bergerak dalam bidang penerbitan, pembelian dan pendistribusian buku-buku pendidikan dan bahan pelajaran bermutu lainnya. Saat ini Grolier telah beroperasi di 26 negara: Malaysia, Filipina, Indonesia, Australia, Singapura, Taiwan, Thailand, India dan lain-lain. Grolier International memiliki lebih dari 6.400 konsultan untuk riset dan pengembangan, juga mengumpulkan dan menerbitkan materi pendidikan kelas dunia. Pada tahun 2001 Grolier dibeli oleh Scholastic, sebuah perusahaan buku anak-anak terbesar di Amerika. Grolier mulai berdiri di Indonesia pada Januari 1969 dengan nama CV. American Books, kemudian pada tahun 1978 berganti nama menjadi PT. Widyadara. TUJUAN Tujuan dasar perusahaan ini adalah menjadi mitra yang berharga bagi para orang tua dan pendidikan, dengan membantu pertumbuhan, perkembangan dan pendidikan anak-anak. KEBIJ